Minggu, 13 Mei 2012

Startup Perlu Evaluasi Kas Mingguan

Uang kas merupakan salah satu hal penting dan bisa dianggap sebagai darah yang mengalir dalam tubuh sebuah startup. Startup yang benar-benar baru berisiko bangkrut dalam waktu pendek jika mereka kurang piawai dalam mengelola kas. Kehabisan uang kas merupakan bencana yang bisa membinasakan.

Karena pentingnya uang kas bagi startup inilah, salah satu kewajiban seorang pendiri dalam startup ialah bertanggung jawab atas evaluasi kas dalam rekening bank setiap minggu.

Salah satu strategi untuk mengelola kas dengan baik ialah menyusun sebuah laporan kas, entah secara manual atau otomatis. Misalnya buat laporan tersebut setiap Jumat sore. Laporan itu berisi keadaan kas dalam bank, jumlah piutang jangka pendek, dan jumlah utang jangka pendek. Ini akan membantu entrepreneur mengevaluasi posisi keuangan kas bisnisnya dari sudut pandang operasional.

Bila Anda belum menghasilkan laba, dan memiliki burn rate (tingkat di mana startup mulai alami kehabisan kas) tertentu, penting pula untuk mengvaluasi jumlah bulan yang tersisa bagi Anda sampai Anda benar-benar kehabisan uang kas.Sejumlah startup menggunakan jumlah bulan yang tersisa sebagai pendorong dan menunjukkannya di layar lebar sehingga setiap orang bisa melihat dan berlomba dengan waktu. Sebagian startup tidak demikian terbuka dan transparan dengan burn rate karena itu akan menebarkan kecemasan bagi sebagian pegawai yang kurang menyukai risiko (mungkin lingkungan startup yang kurang tepat bagi mereka?). Meski demikian, pendiri startup harus mengetahui posisi mereka dalam hal kas, ,burn rate dan jumlah kas yang tersisa dalam periode mingguan.(image credit: extrapassiveincome.net/*AP)

http://www.ciputraentrepreneurship.com

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More